FRUITARIAN

Posted: January 2, 2011 in Uncategorized

Itulah tagline yang diusung oleh sekelompok vegetarian yang cuma mengkonsumsi buah sebagai sumber makanan utama mereka. Buah yang mereka makan bukan sembarang buah, tapi buah yang benar-benar sudah jatuh dari pohonnya! Bukan yang masih bergelantungan dengan cantiknya, apalagi buah yang diperem alias dipaksa matang.

Mengapa demikian? Alkisah gerakan ini diawali oleh sekelompok vegetarian airan keras yang menganggap buah adalah sesuatu yang hidup, dan memetik buah dari pohon berarti telah melakukan ‘kekejaman’ dengan menyakiti si pohon tersebut. Intinya mereka menolak kegiatan ‘bunuh-membunuh’ tersebut karena pada dasarnya manusia tdak punya hak berbuat seperti itu terhadap alam. Selain itu mereka juga hanya memakan makanan mentah.

Waduh emangnya gak takut sakit perut apa makan maknan yang gak dimasak? Justru, para Fruitarian ini menganggep memakan makanan mentah adalah hal tersehat yang dilakukan oleh manusia. Menurut mereka, makanan yang dimasak tuh Cuma bias bikin daya tahan tubuh jadi lemah, ngebuat lo keliatan jadi tua, menyebabkan banyak penyakait dan mereka juga menganggep kalo makanan yang dimasak itu menyebabkan polusi lingkungan!

Gaya hidup seperti ini sudah banyak berkembang di Eropa dan Amerika. Kebanyakan dari mereka adalah vegetarian atau para straight edger yang notabenenya juga kebanyakan anak anak dari music Hardcore. Salah satu grup music yang mendukung gaya hidup ini adalah Shelter yang dimotori sama Ray Kappo. Airan ini sebagai gaya hidup juga protes politik terhadap pencemaran lingkungan dan gaya hidup hedon yang marak di era ini. Sebagian dari fruitarian juga menganut teologi hindi kaya Hare Khrisna. Bagi mereka, Fruitarianism is the highest concept of nutrition. Secara spiritual pun mereka percaya hanya dengan memakan buah , the final result is to produce a unique specimen full of intelligence, feelings and emotions for love and conscience, a beautiful life form, a TRUE human being!

Tapi apa bener mereka bias bertahan hidup dengan memakan buah-buahan seperti itu? Definetly yes! Emang sih semua itu tergantug dari seberapa besar niat yang elo jalanin. Sejauh ini para Fruitarian terbukti sehat-sehat saja. Karena emang buah-buahan punya banyak banget nutrisi yang dibutuhkan sma tubuh lo. Para Fruitarian biasanya punya kebuan buah sendiri di halaman rumah mereka. Atau minimal mereka sudah bersahabat lah sama pemilik perkebunan untuk mendonasikan buah-buahan yang sudah jatuh dari pohon kepada mereka. Ssstt gosipnya Bjork dan vokalisnya Arch Enemy yang gahar itu juga seorang Fruitarian loh! See! Mereka baik-baik aja, berkarya dan sehat.

Jadi gimana anak-anak? Mau mencoba hidup sehat ala mereka? Terutama bagi mereka yang sudah merasa overlimit berat badannya? Ehh tapi susah juga sih kalo lo mau jadi fruitarian di Jakarta, dimana coba lo bias dapet buah yang bener-bener jatoh dari pohonnya langsung.

 

Sumber : PROVOKE edisi 15,  02 Januari 2007

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s